Huawei Mate X5

 Kehadiran Mate 60 Pro sudah bikin heboh Amerika Serikat, Huawei kini merilis lagi HP barunya, namanya Huawei Mate X5, sebuah hHP layar lipat yang bakal membuat ketar ketir pemerintah Paman Sam.

Pasalnya, Huawei Mate X5 sudah menggunakan chipset Kirin 9000s SoC seperti yang sudah di gunakan Mate 60 Series sebelumnya. Chip ini dibuat di Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC) dengan pabrikasi 7 nm dan sudah didukung 5G.

Kehadiran chip Kirin 9000s SoCmengejutkan banyak pejabat pemerintahan AS. Sebab peraturan ekspor AS melarang Huawei, tanpa izin khusus, memperoleh chip mutakhir dari pabrikan manapun yang menggunakan suku cadang buatan Amerika untuk memproduksi komponen tersebut.

Selain itu, untuk memproduksi chip 7 nm, pabrikan chip biasanya menggunakan mesin litografi ultraviolet ekstrim (EUV) untuk mengetsa pola sirkuit pada water silikon. Hanya satu perusahaan di dunia, perusahaan Belanda ASML, yang membuat mesin ini dan perusahaan tersebut mendukung tuntutan AS untuk tidak mengirimkan mesin UEV apapun ke cina.

Huawei telah menerima lisensi khusus yang memungkinkan nya untuk membeli chip Snapdragon Qualcomm yang diubah agar tidak emndukung sinyal 5G dan chipset tersebut mendukung lini Mate 50 tahun lalu dan seri P60 tahun ini. Namun untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, Huawei mengusung chip Kirin buatan sendiri yang mendukung 5G pada perangkat barunya.

Memang Kirin 9000s masih tertinggal dari chip A16 Bionic yang digunakan iPhone 14 Pro. Begitu pula dengan pembatasan ekspor, pemerintah AS penasaran bagaiman Huawei mampu membuat Kirin 9000s yang mendukung 5G. Investigasi pun bakal dilakukan untuk mengungkap hal tersebut.

Spesifikasi Huawei Mate X5

Huawei Mate X5 punya dua layar. Layar bagian luar berukuran 6,4 inci dengan panel OLED LTPO, resolusi 1.080×2.504 pixel, refresh rate 120 Hz dan aspek rasio 20,9:9. Sementara itu dibagian dalam menggunakan panel OLED LTPO berukuran 7,85 inci dengan resolusi 2.224×2.496v pixel dan adaptive refresh rate 120 Hz.

Kedua layar Mate X5 memiliki dukungan 1,07 miliar warna, menawarkan gambar yang nyata. Selain itu, terdapat dukungan gamut warna lebar P3, membuat setiap gambar dilayar tampak cerah dan kaya detail. dan Huawei telah menggunakan kaca Kunlun untuk perlindungan, sehingga meningkatkan daya tahan secara keseluruhan.

Dari segi dimensi, Mate X5 dilipat menjadi bentuk yang ringkas, yakni berukuran 156,99×72,4×11,08 mm. Dan lebih dalam keadaan terbuka, X5 berukuran 156,9×141,5×5,3 mm. Dari segi bobot, model kulit Vegan sekitar 243 gram, sedangkan pilihan warna Sand sekitar 245 gram.

Huawei tidak berkompromi sedikitpun dala hal konfigurasi kamera Mate X5. Di bagian belakang, perangkat ini sudah dilengkapi dengan kamera utama 50MP dibarengi sensor ultra-wide 13 MP dan sensor telefoto periskop 12 MP.

Huawei Mate X5

Untuk menangani selfie dan panggilan video. Huawei mate X5 hadir dengan kamera 8MP dilayar dalam dan sensor 8MP lainnya di layar cover. Kamera perangkat memiliki pengenalan wajah 2D, yang berfungsi bahkan anda sedang memakai masker. Selain itu, mereka memiliki dukungan untuk stabilisasi OIS/AIS, memungkinkan pengguna mendapatkan hasil yang stabil dan lancar.

Soal dapur pacu, Huawei Mate X5 menggukan Kirin 9000s yang dipadukan dengan RAM hoioingga 16GB dan memori internal punya kapasitas hingga 1 TB. HP ini menjalankan Harmony OS 4.o.

Hp ini mengadopsi desain aantena serba baru yang diklaim menawarkan penerimaan sinyal yang lebih baik. Antena Lingxi Huawei dilengkapi algoritma AI yang memilih jaringan optimal untuk memastikan konektivitas optimal. Antena di sekitar bingkai perangkat juga dilengkapi teknoloigi penetelan mode ganda untuk kualitas sinyal yang lebih baik.

Huawe Mate X5 mengemas baterai 5060mAh, yang lebih dari cukup untuk menawarkan layar yang layak tepat waktu dengan muatan penuh. Dan dalam hal pengisian daya, perangkat ini memiliki dukungan pengisian kabel cepat 88W. Berkat itu, baterai akan terisi penuh dengan sangat cepat.

Tak kalah pentingnya Mate X5 mendapatkan sertifikasi IPX8 artinya tahan air. Uniknya lagi HP layar lipat ini dibekali dengan kontrol gerakan tanpa sentuhan.

Huawei Mate X5 tersedia dalam berbagai pilihan warna. Ada Feather Sand White, Sand Black, Sand Gold, Phantom Purple dan Ayoma Di, yang hadir dengan lapisan kulit Vegan.

Saat ini Huawei sudah membuka pre-order, tetapi sangat disayangkan belum ada Harga Mate X5 tersebut.

Huawei Mate X5

Comments

Popular posts from this blog

HP Android 1 jutaan

Android Terbaik 2023